Pemkab Lebak Optimis Wisata Baduy Go International


RMOL. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak, optimistis wisata Baduy bisa Go International (mendunia -red), lantaran memiliki keunikan juga tidak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia.kpuserang
“Keunikan budaya masyarakat Baduy itu yang akan menjadikan daya tarik tersendiri untuk mendatangkan para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Pembangunan dan Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak, Iman Hidayat saat dihubungi wartawan di Rangkasbitung, Selasa (14/11).

Dijelaskan Iman, keunikan budaya masyarakat Baduy hingga kini masih mempertahankan adat leluhurnya yang dijadikan sandaran kehidupan dalam sosial, pergaulan dan pertanian. Masyarakat Baduy mengandalkan kehidupan dari bercocoktanam padi ladang huma juga tanaman pisang, palawija hingga tanaman keras. Begitu juga kawasan permukiman Baduy menolak kehidupan modernisasi dan tidak ada jaringan listrik, pembangunan jembatan permanen, jalan aspal rumah permanen, puskesmas, pendidikan, hingga perabotan elektronika. Selain itu juga, lanjutnya, budaya masyarakat Baduy memiliki keunikan lainnya, seperti agenda Seba Baduy.

“Kehidupan masyarakat Baduy cukup sederhana dengan membangun rumah-rumah yang terbuat dari kayu, bambu dan atap rumbia. Saya kira keunikan masyarakat Baduy itu tentu dapat menjadikan daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara,” papar Iman.

Bahkan, tambah Iman, masyarakat Baduy dalam berpakaian putih-putih bila bepergian ke luar daerah harus berjalan kaki dan dilarang naik kendaraan. Keberadaan suku terasing itu, menurutnya, akan menjadi objek wisata dunia sehingga memberikan dampak positif terhadap pemerintah daerah.

“Pemkab Lebak tahun 2018 akan mengeluarkan regulasi kebijakan pariwisata menjadikan lokomotif perekonomian masyarakat. Dengan begitu, kami yakin wisata Baduy bisa Go International,” pungkasnya. [JEM]


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*