Alibaba akan Gandakan Dana R&D Mereka?

Alibaba akan Gandakan Dana R&D Mereka?

Riset dan pengembangan (R&D) memang memiliki peran sangat penting dalam industri teknologi. Alphabet, perusahaan induk Google, menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk mengembangkan berbagai proyek “ajaib” untuk menemukan teknologi revolusioner berikutnya. 

Setiap tahunnya, Apple dan Amazon juga menghabiskan miliaran dollar pada divisi R&D mereka, yang tersebar di berbagai negara. Perusahaan e-commerce terbesar Tiongkok, Alibaba, tampaknya akan mengikuti jejak para raksasa teknologi itu. 

Alibaba berencana melipatgandakan dana R&D mereka dari USD6.4 miliar (Rp86,4 triliun) per tahun menjadi USD15 miliar (Rp202,6 triliun) selama 3 tahun ke depan, menurut laporan Bloomberg. Dana ini akan mereka gunakan untuk menemukan teknologi generasi baru dan proyek “ajaib” yang bisa menciptakan disrupsi di pasar.

Menurut laporan Engadget, Alibaba berencana untuk membuat 7 laboratorium riset dan mempekerjakan 100 ilmuwan dengan fokus pada kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT) dan komputasi quantum. Dikabarkan, pembelajaran mesin, visual computing dan keamanan jaringan juga merupakan bidang lain yang menarik perhatian raksasa Tiongkok itu. 

Dikabarkan, Alibaba berencana untuk membuat laboratorium di Amerika Serikat, Rusia, Israel dan Singapura. Perusahaan e-commerce itu juga disebutkan akan bekerja sama dengan berbagai universitas seperti University of California, Berkeley. 

Dengan total dana USD16.1 miliar (Rp217,4 triliun), Amazon dikabarkan menjadi perusahaan dengan dana R&D terbesar, diikuti oleh Alphabet dengan dana USD13.9 miliar (Rp187,7 triliun), Intel yang memiliki dana USD12.7 miliar (Rp171,5 triliun), Microsoft dengan dana USD12.3 miliar (Rp166,1 triliun) dan Apple dengan dana USD10 miliar (Rp135 triliun). 

Jika Alibaba memang akan menggandakan dana R&D milik mereka, itu berarti, mereka akan menjadi perusahaan dengan dana R&D terbesar kedua, mengalahkan semua perusahaan-perusahaan besar teknologi kecuali Amazon. 


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*