Tertarik Menanam Cabai? Ini Waktu yang Paling Tepat

1099214-Tertarik Menanam Cabai Ini Waktu yang Paling Tepat

Kasi Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Belitung, Haryanto untuk bertanam cabai perlu mengetahui siklus yang tepat. Sehingga pada saat masa panen bertepatan dengan harga tinggi.

Menurutnya, waktu yang tepat untuk menanam cabai rawit jatuh pada April, Juli dan Agustus. Karena masa panen jatuh pada Desember dan Januari, dimana harga cabai rawit mencapai puncak.

“Usia tanaman cabai ini kan rata-rata sekitar enam hingga delapan bulan, dengan masa panen awal tiga bulan. Jadi waktunya harus tepat,” ujarnya, Rabu (11/1/2017).

Akan tetapi, faktor cuaca menjadi kendala tersendiri bagi para petani di Belitung. Kondisi cuaca ekstrem dan sering berubah dominan terjadi pada akhir tahun, dimana waktu tersebut merupakan masa panen petani.

Ia mengatakan, pengaruh cuaca tersebut terkadang membuat petani enggan menanam cabai. Sehingga produktifitas petani sering menurun dratis.

“Cuaca ini kendala khusus di Belitung selain hama. Apalagi hujan malam, itu biasanya cabai pada rontok semua,” katanya.

Haryanto menjelaskan, sebenarnya pihaknya sudah menyusun jadwal tanam bagi bagi gapoktan dan kelompok tani. Tujuannya agar produksi cabai di Belitung bisa continue.

Akan tetapi bagi kelompok yang mendapat giliran ketika cuaca ekstrem, secara otomatis mereka tidak mau.

“Jadi susah juga dan memang bulan-bulan tertentu sulit menanam cabai ini,” katanya.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*