Federasi Australia Antusias Jumlah Tim Piala Dunia Bertambah

Federasi Australia Antusias Jumlah Tim Piala Dunia Bertambah

Federasi Sepak Bola Australia (FFA) antusias dengan penambahan jumlah peserta Piala Dunia. FIFA melalui rapat Dewan FIFA di Zurich, Selasa (10/1), dengan suara bulat menyetujui rencana penambahan kontestan Piala Dunia dari 32 menjadi 48 tim mulai 2026.

Keputusan itu bukan tanpa kritikan. Sejumlah negara besar yang memiliki tradisi mapan selalu tampil di Piala Dunia menilai keputusan FIFA itu merupakan sebuah kemunduran.

Sebaliknya, Direktur Eksekutif FFA David Gallop menilai keputusan itu merupakan langkah positif bagi sepak bola dunia.

Afrika dan Asia memang menjadi negara yang mengalami peningkatan signifikan sekitar 50 persen dengan penambahan itu.

“Australia merupakan bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dimana pertumbuhan signifikan dan investasi terjadi. Kami berharap tren ini berlanjut selama beberapa tahun untuk membawa ekspansi Piala Dunia,” ujar Gallop seperti dikutip FourFourTwo.

“Dengan terus meningkatnya kualitas sepak bola di Asia, asosiasi-asosiasi anggota AFC pada gilirannya bakal layak ambil bagian di Piala Dunia FIFA.”

FFA menilai dengan penambahan jumlah tersebut bakal membuat persaingan di seluruh benua bakal lebih merata.

Timnas Australia sendiri sudah tiga edisi beruntun mampu berlaga di putaran final Piala Dunia sejak 2006.

“Saat ini kami akan fokus untuk lolos kualifikasi untuk Piala Dunia tahun depan di Rusia. Kami harap dukungan penuh seluruh rakyat Australia agar Timnas Australia bisa lolos lagi ke Piala Dunia,” tutur Gallop.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*