Ketika Avvaterra Berbagi di Panti Werdha Usia Anugerah Surabaya

1098908-Ketika Avvaterra Berbagi di Panti Werdha Usia Anugerah Surabaya

Reportase Kusnan
Pegiat Literasi/Humas Komunitas Avvaterra Surabaya

PENGUJUNG  tahun 2016 yang bertepatan dengan hari natal, Minggu (25/12/2016), Komunitas Avvaterra Surabaya, mengunjungi para lanjut usia di Panti Werdha Usia Anugerah Surabaya. 

“Di panti ini ada 20 orang lansia, semua kebutuhan dan tempat tinggal adalah gratis. Mereka berasal dari berbagai daerah, ada yang dari Manado, Kediri, Nganjuk, Surabaya, dan daerah lainnya,” terang Katiman, pengelola panti.

Lebih lanjut Katiman menjelaskan, Panti Werdha Usia Anugerah ini bediri tahun 1982 silam. Memiliki delapan pengurus, panti menerima masyarakat usia lanjut tidak hanya mereka yang beragama Kristen, tetapi agama selain Kristen pun diterima dengan tangan terbuka. Asalkan memenuhi syarat, yaitu lansia tersebut benar-benar membutuhkan bantuan.

“Kadang kami juga mengalami kesulitan mengurus oma-opa, karena usianya yang sudah tua, karakternya juga bermacam-macam. Tetapi, kami melayani mereka dengan kasih sayang,” tambahnya.

Dia menambahkan, selama ini panti yang dikelolanya itu sudah banyak dikunjungi oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk praktik lapangan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang ingin berangkat ke luar negeri menjadi TKW dengan tujuan Jepang, Taiwan, dan Hongkong juga melakukan praktik di Panti Werdha Usia Anugerah.

“Terima kasih atas kepeduliannya. Saya berpesan pergunakanlah masa muda dengan baik, jangan sampai terjerumus hal-hal negatif, seperti narkoba, tawuran. Semoga kita bisa bertemu lagi di kesempatan lain,” ujar Katiman seraya menjabat tangan pengurus dan anggota Komunitas Avvaterra.

Koordinator Komunitas Avvaterra, Prasetya Catur Nugraha SKom mengatakan, sebagai generasi muda memang sudah seharusnya ikut serta membantu sesama. Salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial dari Komunitas Avvaterra adalah dengan bakti sosial.

“Kegiatan seperti ini akan terus kami upayakan setiap bulan,” janji alumnus Teknik Informatika Untag Surabaya itu.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*