Mau Tidur Nyenyak,Banyak Senam

1098407-Mau Tidur NyenyakBanyak Senam

Para ahli di bidang tidur dari Baylor College of Medicine melakukan penelitian yang melibatkan 1.000 orang dewasa, usia 23 sampai 60 tahun. Peserta dikelompokkan berdasarkan tingkat aktivitasnya ke dalam kategori senam (dengan sub kategori kuat, sedang, dan ringan) dan non-senam.

Mengingat semakin banyak studi yang mengaitkan antara kualitas tidur yang buruk dengan berbagai risiko penyakit, para ahli kesehatan menyarankan agar Anda segera memperbaikinya. Kualitas tidur malam dapat ditingkatkan dengan cara yang lebih asik yaitu dengan melakukan latihan senam.

Meskipun durasi atau panjangnya waktu tidur tampaknya tidak terpengaruh oleh upaya fisik, namun kedua kelompok tersebut menunjukkan kualitas tidur yang sangat berbeda. Peserta yang terlibat dalam senam ringan, sedang atau berat dilaporkan secara konsisten dapat menikmati tidur malam yang baik pada tingkat 56 hingga 67 persen.

Sedangkan peserta yang tidak melakukan olahraga hanya mampu menikmati tidur malam yang baik sebanyak 39 persen saja.

“Lebih dari 75 persen peserta yang melakukan olahraga senam, melaporkan bahwa kualitas tidurnya selama 2 minggu masa studi ini sangatlah baik,” kata Prof. Max Hirshkowitz, pemimpin penelitian tersebut, seperti dilansir Canada, Kamis (7/3/2013).

Sekitar 72 persen peserta yang melakukan senam dengan intensitas kuat melaporkan bahwa dirinya tidak pernah terbangun di tengah malam dan kesulitan untuk kembali tidur, sedangkan sebanyak 69 persen menyatakan bahwa dirinya jarang mengalami kesulitan untuk jatuh tertidur.

Sedangkan peserta yang menetap dan tidak melakukan senam, mengaku bahwa 50 persen diantaranya terbangun pada malam hari dan 24 persen mengalami kesulitan jatuh tertidur setiap malam atau hampir setiap malam. Selain itu, sekitar 44 persennnya berisiko terhadap sleep apnea, suatu kondisi di mana seseorang berhenti bernapas saat tidur.

Senam banyak sekali macamnya, termasuk senam lantai, senam aerobik, senam SKJ, dan sebagainya. Mulailah dengan melakukan gerakan senam lantai yang sederhana, seperti sit up yang teratur setiap hari untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

(Mtc/Dtc)


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*