PGN Salurkan Gas ke Pabrik Keramik Arwana di Mojokerto

No Picture

Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus membuka wilayah pasar gas bumi baru, salah satunya di Jawa Timur. Kali ini PGN memasok pabrik keramik PT Arwana Citramulia Tbk yang baru didirikan di Mojokerto, Jawa Timur.

Group Head Business Unit Gas Product PGN Wahyudi Anas mengatakan pabrik keramik yang berlokasi di Desa Kaligoro, Mojosari, Mojokerto merupakan pabrik kelima Arwana. Selain di Mojokerto, Arwana memiliki pabrik di Tangerang, Serang, Gresik, dan Palembang. “Semua kebutuhan gas bumi pabrik keramik Arwana dipasok PGN,” kata Wahyudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (11/1/).

Wahyudi menuturkan PGN akan terus memperluas pemanfaatan gas bumi di berbagai wilayah. Khusus di Jawa Timur, PGN sudah merambah ke Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto.

PGN berupaya membuka wilayah baru untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat. Di Jawa Timur misalnya, upaya itu antara lain dilakukan dengan membangun jaringan gas bumi hingga ke Lamongan dan Tuban sepanjang 141 kilometer.

Untuk tahap pertama, PGN sedang menyelesaikan penanaman pipa gas sepanjang 11,5 km di Desa Suci hingga Desa Sembayat di Gresik, Jawa Timur. Saat ini pipa gas PGN yang beroperasi menyalurkan gas bumi di Jawa Timur total lebih dari 1.155 km.

Direktur Utama PT Arwana Citramulia, Tandean Rustandy mengatakan, pemilihan penggunaan gas bumi dari PGN karena gas bumi lebih bersih dan ramah lingkungan. “Selain itu, karena visi misi Arwana menerapkan green industry dengan teknologi mesin ramah lingkungan, maka kita memilih gas daripada batu bara,” kata Tandean.

Vice President Corporate Communication PGN, Irwan Andri Atmanto menambahkan, PGN berkomitmen memperluas pemanfaatan gas bumi di berbagai daerah. Khusus di Jawa Timur, PGN saat ini telah menyalurkan ke lebih dari 25.800 pelanggan industri, rumah tangga, usaha komersil hingga UMKM, dengan perincian, Surabaya dan Gresik sebanayk 19.334 pelanggan, Sidoarjo sebanyak 5.723 pelanggan, dan Mojokerto 755 pelanggan.

Secara nasional, hingga saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 120.000 rumah tangga. Selain itu ke 1.929 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik. “Pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN saat ini sepanjang lebih dari 7.200 km atau sekitar 78 persen pipa gas bumi hilir nasional,” tutup Irwan.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*