Menu Sarapan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Menu Sarapan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan

Jangan sepelekan sarapan. Menurut banyak studi, sarapan bisa membantu metabolisme tubuh agar kuat beraktivitas sepanjang hari. Selain itu, sarapan juga dinilai penting bagi Anda yang bermimpi punya tubuh langsing. Namun untuk tujuan yang satu ini, Anda tak bisa sembarangan pilih menu sarapan. 

Melansir Indy100, sekelompok pakar gizi merumuskan jenis dan syarat sarapan sehat terutama bagi mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Pada intinya, sarapan harus memiliki porsi kandungan yang tepat berkisar antara 300 hingga 400 kalori.

Setengah dari jumlah tersebut dialokasikan untuk karbohidrat, 15 persen protein, 30 persen lemak sehat, dan sisanya adalah serat juga gula.

Tak perlu pusing menentukan jumlah dan menu sarapan yang sesuai dengan takaran tersebut. Berikut beberapa rekomendasi menu untuk memulai hari sekaligus ampuh menurunkan berat badan.

1. Telur orak-arik

Para ahli merekomendasikan untuk menikmati telur orak-arik di pagi hari. Telur ini diracik dari dua butir telur per porsi yang ditambah dengan aneka isian.

Telur ini dicampur dengan sesendok makan bawang bombay cincang dan 65 gram bayam. Goreng telurnya menggunakan setengah sendok makan minyak zaitun. Sebagai pelengkap, tambahkan satu irisan roti gandum panggang, dan 75 gram buah sebagai pencuci mulut.

2. Roti panggang

Bagi yang terbiasa mengonsumsi roti saat sarapan, menu roti gandum yang dipanggang bisa jadi pilihan yang menarik. Para ahli menyarankan roti tersebut diberi selai kacang, potongan buah pisang, serta ditaburi dengan bubuk kayu manis secukupnya.

Bubur oat bisa jadi pilihan sarapan baik untuk menurunkan berat badan.Bubur oat bisa jadi pilihan sarapan baik untuk menurunkan berat badan. (Unsplash/Pixabay)

3. Bubur

Bubur ayam untuk sarapan memang jadi pilihan menarik bagi sebagian orang. Namun, pilihan bubur yang tepat adalah bubur oat.

Seporsi bubur yang disarankan terbuat dari 45 gram oat yang dicampur dengan susu kedelai tanpa pemanis dan satu sendok makan kacang. Tambahan buah seperti blueberry, pisang, atau sirup maple sebagai pemanis dapat membuat bubur jadi sarapan menyenangkan.

4. Makanan penutup

Sebuah studi dari Endocrine Society menemukan bahwa orang yang menambahkan sedikit makanan penutup saat sarapan pagi akan kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan yang tidak.

Puding bisa jadi tambahan menarik saat sarapan. Puding bisa jadi tambahan menarik saat sarapan.(CNN Indonesia/Tri Wahyuni)

Makanan penutupnya bisa berupa puding, beberapa kue, dan beberapa batang cokelat.

Hanya saja ada baiknya untuk menghindari konsumsi makanan penutup yang manis saat makan malam jika tak ingin membuat angka di timbangan melonjak kembali.

5. Sereal besar

Sereal besar yang dimaksud bukanlah sereal dalam porsi jumbo. Untuk sarapan, Anda disarankan untuk memilih sereal sarapan yang memiliki ukuran kepingan besar.

Menurut para ahli, ukuran sereal akan sangat berpengaruh pada ukuran porsi yang dimakannya. Semakin kecil ukuran serealnya maka semakin besar porsi yang dimakannya.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*