Cara Membuat Magic Cake Terenak

1090764-Cara Membuat Magic Cake Terenak

"Magic cake", begitu nama kue yang baru-baru ini populer di dunia maya. Jika Cronut pertama dibuat oleh sebuah toko kue di New York yakni Dominique Ansel Bakery, belum jelas siapa yang pertama kali membuat Magic cake ini.

Pada dasarnya Magic cake adalah kue yang sederhana. Bahan-bahannya adalah telur, air, tepung, gula, susu, dan mentega. Namun dengan memanggangnya di suhu yang rendah, adonan pun terbagi menjadi dua lapisan: padat dan fudgy di bagian bawah serta cairan custard di bagian tengah.

Inilah yang membuat Magic cake populer di internet. Bagian atas Magic cake tampak seperti kue bolu karena terbuat dari adonan putih telur. Itulah mengapa Magic cake disebut juga three layer cake alias kue tiga lapis.

Mengutip situs berita Independent.co.uk, Senin (12/12/2016), ini bukanlah kali pertama Magic cake dibuat resep dan cara pembuatan kue ini sudah viral sejak lima tahun lalu.

Namun baru sebulan belakangan pencarian Magic cake di situs Google bertambah drastis. Besar kemungkinan karena musim dingin telah tiba dan masyarakat di belahan bumi utara menginginkan comfort food.

Meski bahan-bahannya sederhana, tak sedikit warga dan food blogger yang mencoba menambahkan beberapa bahan. Mulai dari cokelat, saus kacang, lemon, sampai kue jahe (gingerbread). 

Beberapa orang bahkan menambahkan bubuk matcha (teh hijau Jepang) dan rhubarb untuk menghasilkan cita rasa yang unik 

Cara membuatnya cukup mudah. Empat butir telur dipisahkan antara kuning dan putihnya. Putih telur dikocok hingga halus.

Pada mangkuk berbeda, campurkan kuning telur dengan gula, air, dan vanili. Tambahkan mentega yang telah dilelehkan, kemudian tepung, susu, dan putih telur yang sebelumnya dikocok hingga halus.

Usai dipanggang pada suhu rendah, adonan harus didinginkan selama kurang lebih tiga jam. Meski bahannya sederhana, kue yang dihasilkan tampak sangat rumit karena terdiri dari tiga lapisan dengan tekstur berbeda. Itulah mengapa kue ini disebut Magic cake.

Kompas Travel


Beritahu teman

Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*