Watch Dogs 2, Menarik Meski Belum Sempurna

Watch Dogs 2, Menarik Meski Belum Sempurna

Tahukah Anda, meski sama-sama meretas sistem keamanan digital, setiap hacker memiliki tujuan yang berbeda? Setidaknya ada beberapa golongan hacker. Pertama adalah hacker pemula yang baru saja terjun ke dunia keamanan digital. Ada pula hacker profesional yang membobol sistem keamanan untuk meraup keuntungan.

Namun, ternyata juga ada kelompok hacker yang membobol sistem keamanan untuk mencari data dan bukti mengenai konspirasi yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan besar seperti pejabat dan pengusaha besar. Setelah menemukan buktinya, mereka lalu menyebarkannya agar masyarakat bisa mengetahui kebobrokan yang terjadi.

Kelompok hacker tersebut sering dipanggil dengan nama “hacktivist” atau para aktivis yang mencari informasi menggunakan metode hacking. Di Watch Dogs 2, Anda adalah bagian dari kelompok hacktivist.

Sebagaimana yang ditulis di artikel kami sebelumnya, Anda akan berperan sebagai Marcus Holloway, seorang hacker muda yang tergabung ke dalam kelompok hacker bernama DeadSec, yang juga merupakan kelompok hacktivist. Tujuan DeadSec hanya satu, yaitu melumpuhkan Blume yang merupakan perusahaan di balik hadirnya CtOS 2.0.

Seperti halnya di Watch Dogs pertama, CtOS 2.0 merupakan sistem smart city yang memungkinkan data pribadi seluruh warga direkam. Tentu saja bagi DeadSec yang sangat menjunjung tinggi kebebasan, keberadaan CtOS 2.0 merupakan ancaman karena pemerintah dan Blume bisa mengetahui seluruh data pribadi seseorang, mulai dari pendapatan, hobi, bahkan rekaman pesan dan pembicaraan telepon.

Dengan menggunakan data dari CtOS 2.0, Blume pun berkonsiprasi dengan berbagai perusahaan besar dan pemerintah agar para kaum elite bisa mengontrol masyarakat. Tugas utama Anda sebagai anggota DeadSec adalah mencari data mengenai kebobrokan dan konspirasi Blume untuk disebarkan, sehingga masyarakat bisa menjatuhkan perusahaan tersebut.

Bagi saya, Watch Dogs 2 merupakan game yang cukup menarik. Game ini memang tidak seluas GTA V, tapi ia menggambarkan San Francisco dengan sangat baik. Berbagai tempat ikonik, mulai dari Golden Gate Bridge hingga San Francisco Bay, digambarkan dengan sangat apik. Yang paling menarik adalah NPC di Watch Dogs 2 terasa sangat hidup.

NPC tidak hanya digambarkan seperti orang yang selalu berjalan atau secara acak diam di sebuah tempat. Mereka tampak seperti memiliki kegiatan tersendiri dan semuanya bereaksi ke lingkungan sekitarnya. NPC juga bisa berbuat kesalahan. Di satu waktu saya menemukan NPC yang mengendarai mobil terlalu kencang hingga menabrak mobil lain. Padahal saya tidak melakukan apapun.

NPC yang lebih hidup tersebut membuat dunia Watch Dogs 2 lebih berwarna. Saya juga pernah menemukan NPC yang mabuk, muntah di jalan, berkelahi, bahkan berbuat kriminal. Hal serupa juga berlaku pada polisi di dalam game ini. Mereka tidak menghadang dengan sembrono dan asal-asalan, membuat saya lebih mudah meloloskan diri.

Bagi saya, Watch Dogs 2 tergolong sebagai game yang mudah. Marcus memiliki banyak sekali kemampuan hacking, membuatnya mampu menaklukkan semua rintangan yang ada dengan mudah. Bahkan, masuk ke dalam gedung yang dijaga oleh pasukan militer pun bukan masalah berkat kemampuan hacking tersebut.

Tidak seperti Watch Dogs pertama, di Watch Dogs 2, Anda akan ditemani dengan 2 buah drone, satu di udara dan satu di darat. Drone tersebut bisa menjadi mata ketiga Anda ketika sedang beraksi karena Anda bisa melakukan berbagai kegiatan hacking menggunakan drone tersebut. Dalam satu misi, saya bahkan bisa membantai semua musuh hanya dengan menggunakan drone.

Watch Dogs 2 memang saya akui lebih baik dari sebelumnya, tapi dari segi cerita, game ini masih kurang dalam. Beberapa adegan yang seharusnya dibuat emosional pun sama sekali tidak terasa emosinya. Plot juga terkesan datar, meski sempat berombak ketika Marcus dijebak oleh musuhnya. Namun setelah itu, ceritanya kembali datar. Konspirasi yang disajikan juga terkesan diceritakan sepotong-sepotong saja.

Kesimpulan

Bagi Anda yang lebih betah dengan gaya permainan taktis serta sedang mencari game open-world berkualitas tinggi, Watch Dogs 2 bisa dijadikan pilihan. Game ini bukanlah alternatif dari GTA karena keduanya adalah game yang sama sekali berbeda.

Watch Dogs 2 bahkan memiliki keunggulan tersendiri seperti sistem multiplayer yang unik dan gameplay yang lebih mengandalkan kemampuan hacking ketimbang menembakkan senjata.

Meksi demikian, game ini masih memiliki berbagai kekurangan yang menurut saya harus lebih diperhatikan oleh Ubisoft. Bebebapa kekurangan tersebut adalah plot cerita yang relatif datar serta tingkat kesulitan yang tergolong mudah.

Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One
Developer: Ubisoft
Publisher: Ubisoft
Tanggal Rilis: 15 November 2016
Jenis: Action-Adventure
Situs Resmi: https://www.ubisoft.com/en-US/game/watch-dogs-2
 

Watch Dogs 2
 
7,8
  • Penggambaran dunia sangat bagus
  • Performa sangat bagus
  • NPC cerdas dan interaktif
  • Plot cerita datar
  • Terlalu mudah
Bagaimana Kami Menguji.


Beritahu teman


Berita lainnya

Apa komentarmu?

Email kamu tidak akan kami publikasikan.


*